Slogan Pendidikan

slogan pendidikan

Membuat contoh slogan pendidikan adalah sesuatu yang harus mudah untuk dimengerti dan dipahami orang awam, baik pelajar maupun orang dewasa yang sudah bekerja.

Oleh karena itu, slogan pendidikan harus lah mudah diingat atau dihafal oleh banyak orang.

Secara umum, slogan dapat kita temukan dimana saja. Pembuatan slogan pendidikan dapat dikatakan berhasil jika sudah melekat di pikiran masyarakat.

Selain untuk mengingatkan akan pentingnya pendidikan, slogan juga harus dibuat unik dan berisi ajakan untuk memotivasi, meningkatkan dan membangun kinerja, baik dalam dunia pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari.

Salah satu contoh slogan pendidikan yang sering kita jumpai adalah "Belajarlah dari Sebuah Kegagalan".

Slogan tersebut memiliki arti yang kuat korelasinya dengan kehidupan kita, dimana kita harus belajar dari sebuah kegagalan demi mendapatkan kesuksesan.

Definisi sukses tentu berbeda-beda bagi setiap manusia, tidak ada orang yang baru lahir langsung menjadi sukses.

Maka dari itu, belajarlah membuat slogan yang mudah untuk diingat dan memiliki arti yang mendalam demi membangun kesadaran tiap orang yang melihatnya.

12 Contoh Slogan Pendidikan Beserta Maknanya

Tuntutlah Ilmu Hingga ke Negeri Jiran

Ini adalah salah satu contoh slogan pendidikan yang sering kita dengan, baik itu di sekolah maupun di kehidupan sehari-hari.

Slogan ini memiliki makna bahwasanya ilmu itu sangat luas, bukan berarti kita harus beneran pergi ke China untuk belajar.

Jadi, pergi lah mencari ilmu sebanyak mungkin hingga ke luar dari tempat tinggalmu dan bagikan kembali apa yang kamu dapat kepada bangsa kita.

Rajin Pangkal Pandai

Slogan pendidikan yang satu ini sering kita dengar, bahkan sebelum kita menduduki bangku sekolah.

Slogan ini memilki makna seseorang yang rajin belajar pasti akan pandai. Banyak belajar menjadikan kita sebagai pribadi yang mengetahui banyak hal juga.

Pendidikan adalah pintu kesuksesan

Tidak bisa dipungkiri, kesuksesan itu datang pada orang-orang yang mau belajar. Pendidikan tidak hanya didapatkan melalui sekolahan, namun bisa didapatkan dari pelajaran hidup yang kita jalani.

Bagaimana orang bisa menjadi sukses jika ia tidak mau belajar?

Pengalaman adalah guru terbaik yang pernah ada

Contoh slogan pendidikan yang satu ini tidak bisa diragukan lagi kebenarannya. Pengalaman merupakan guru terbaik yang mengajari kita segala hal tentang kegagalan dan kesuksesan.

Banyak pelajaran berharga yang didapatkan dari pengalaman, karena ia menguji dan memberi jalan kebenaran yang hanya kita sendiri mengetahuinya.

Pengalaman orang bisa berbeda-beda, maka dari itu, materi tak selalu benar jika dipraktikkan. Jadi, pengalaman adalah jawabannya.

Bangsa yang besar adalah bangsa yang terdidik

Ini merupakan tamparan keras bagi bangsa Indonesia. Sejatinya, bangsa yang besar itu adalah bangsa yang terdidik.

Dengan ilmu dan pola pikir yang hebat, sebuah bangsa tidak dapat dijajah oleh bangsa lainnya. Dan bangsa yang besar merupakan bangsa yang terdidik dan maju di segala bidang.

Tidak ada yang langsung sukses, semua butuh proses dan pembelajaran

Sama halnya dengan contoh pendidikan sebelumnya, kesuksesan tidak bisa ditempuh dengan cara yang instan.

Kesuksesan hanya bisa ditempuh melalui proses yang cukup pahit dan lika liku pembelajaran hidup yang dilalui.

Kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda

Kalimat ini sering dikutip demi membakar semangat jiwa seseorang yang mengalami kegagalan.

Kegagalan bukanlah hal yang menyeramkan, namun sebuah awal yang baru, usaha yang baru, cara yang baru, hingga semangat baru.

Seseorang tidak akan pernah mengetahui mana yang benar dan mana yang tidak benar saat melakukan pekerjaannya. Dengan kegagalan, seseorang menjadi lebih merasa tertantang untuk mencoba lagi dan lagi, mencari cara baru, jalan baru, hingga menemukan celah menuju kesuksesan.

Tiada ilmu yang tak berguna

Sejatinya, tidak ada ilmu yang tidak berguna di dunia ini. Semuanya sudah memiliki porsi masing-masing untuk menyelesaikan sebuah perkara.

Selain membutuhkan action, menyelesaikan sebuah problematika juga harus dibarengi dengan ilmu yang memadai.

Pendidikan hebat, bangsa bermatabat

Kualitas sebuah bangsa sejatinya diukur dari pendidikan masyarakatnya. Sebuah bangsa akan disegani seluruh dunia jika masyarakatnya didominasi oleh orang-orang pintar.

Sebuah sistem pendidikan yang berlaku di sebuah negara adalah kunci martabat yang dimiliki suatu bangsa. Menurut kalian, sudah benar kah sistem pendidikan di Indonesia?

Membaca adalah jendela dunia

Dengan membaca, maka seseorang dipastikan mendapatkan manfaat, baik itu membaca novel, buku, berita dan majalah.

Membaca adalah upaya menekuk makna yang tersirat untuk memahami alam semesta, merangsang pikiran untuk selalu terbuka.

Dengan membaca, kamu menjadi tahu. Jika tidak membaca, kamu hanya menjadi orang yang sok tahu.

Ilmu adalah harta yang kekal

Seberapa pun harta yang kamu miliki, tidak akan pernah kekal seperti ilmu yang tertanam di pikiranmu. Harta bisa habis, namun ilmu abadi.

Ilmu ada untuk menjagamu, sedangkan harta kamu yang jagain. Jadi, mana yang lebih baik? Tentu saja ilmu!

Orang bijak adalah orang yang memiliki wawasan

Contoh slogan pendidikan yang terakhir adalah orang bijak, orang yang berwawasan. Slogan ini memiliki makna bahwa orang bijak akan selalu bertindak sesuai dengan pengetahuan dan ilmu yang telah ia pelajari sebelumnya, sehingga memudahkan jalan menuju kesuksesan.

Sedangkan orang bodoh bertindak karena nafsu tanpa pemikiran yang matang.


Nah, itulah beberapa contoh slogan pendidikan dan maknanya yang bisa menjadi inspirasimu dalam mengejar ilmu pengetahuan. Selamat berjuang orang-orang berwawasan yang ada di bumi ini!